Jepang Bentuk Komite Khusus Untuk Kumpulkan Infromasi Tentang Negara Islam

negara islamEramuslim – Jum’at 4 Desember 2015, pemerintah Jepang mengumumkan akan mendirikan komite khusus di Kementerian Luar Negeri, yang akan mengumpulkan informasi mendetail mengenai kelompok-kelompok militan seperti organisasi Negara Islam dan lainnya.

Dalam keterangan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri menerangkan bahwa pengumuman pembentukan komite yang terdiri dari 20 anggota akan di umumkan secara resmi pada hari Selasa (08/12) pekan mendatang.

Kemenlu Jepang menjelaskan bahwa nantinya mereka akan bertugas bersama dengan duta besar perwakilan negara di luar negeri, serta pihak militer dan kepolisian untuk mengumpulkan informasi terkait organisasi tersebut di dalam negeri.

Jepang sendiri akan menjadi tuan rumah pertemuan negara G7 dunia, Piala Dunia Rugby pada tahun 2019 mendatang, serta Olimpiade di tahun 2020, yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi dari ancaman serangan berdarah seperti di Perancis pada 13 November kemarin.

Tercatat sebanyak 2 sandera asal Jepang telah di eksekusi mati oleh milisi Negara Islam sepanjang tahun 2015, setelah PM Shinzo Abe menjanjikan bantuan senilai 200 juta dolar AS untuk negara-negara yang memerangi IS. (Skynewsarabia/Ram)