Jenis-Jenis Pesawat Dan Senjata Yang Digunakan Rusia di Suriah (Bag.II)

Sukhoi Su-30 GSM milik indoEramuslim – Selain pesawat tempur jenis Sukhoi Su-30 GSM yang menjadi andalan utama dalam menggempur pejuang Islam sejak 30 September lalu, pemerintah Rusia juga mengandalkan 3 jenis pesawat tempur varian lainnya di Suriah.

Apa saja pesawat tempur tersebut? Berikut penelusuran Rassd untuk anda;

1. Sukhoi su-34

Pesawat jenis ini telah dikembangkan pemerintah Rusia sejak tahun 80 an yang lalu, dan terkenal sebagai pesawat penyerang dan pembom efektif yang digunakan untuk pemboman di kota Homs sejak September lalu.

Selain dilengkapi dengan sistem rudal udara-udara dengan jarak jangkau hingga 1130 kilometer, pesawat jenis ini juga dilengkapi dengan rudal udara-udara jarak pendek yang memungkinkan combat dengan pesawat musuh dalam dekat.

Memiliki kecepatan maksimum 2.000 kilometer per jam, Sukhoi su-34 mampu menjangkau 4.500 kilometer dan dapat terbang hingga ketinggian maksimum 18 kilometer dari atas tanah.

Satu pesawat ini dapat dibeli dengan nilai sekitar 50 juta dolar AS.

Sukhoi Su-34 rusia

2. Sukhoi 24

Terdapat 12 pesawat tempur jenis Sukhoi 24 telah dikirim Rusia untuk membantu rezim Bashar Al Assad di Suriah, dengan kecepatan masing-masing dapat mencapai 2.700 kilometer per jam dan dapat terbang hingga ketinggian 17 kilometer.

Tugas utama dari pesawat ini di Suriah sebagai pengcover pasukan darat rezim Bashar Al Assad melawan pejuang Islam. (Rassd/Ram)

sukhoi su24