Jenderal Iran Ancam Arab Saudi Jika terus Lanjutkan Operasinya Di Yaman

Jenderal Yadullah JuaniEramuslim.co – Seorang Jenderal sekaligus penasihat pasukan Garda Revolusi Iran memperingatkan bahwa Arab Saudi akan menanggung konsekuensi yang fatal akibat serangan militer mereka di Yaman.

Seperti dilansir kantor berita Tasneem dari pernyataan Jenderal Yadullah Juani mengatakan, “Arab Saudi akan menanggung konsekuensi yang berat akibat operasi badai penghancur yang mereka gelar di Yaman.”

“Disana akan ada masa depan yang sulit bagi Saudi akibat perbuatannya,” tambah Jenderal Yadullah Juani .

Ketika ditanya mengenai keikut sertaan Iran dalam konflik di Yaman, Jenderal Yadullah Juani menyatakan bahwa negaranya terus mengamati perkembangan aksi militer Saudi Di Yaman. Menurutnya pemerintah Iran berkomitmen untuk mendukung proses politik antara berbagai pihak Yaman tanpa adanya kekerasan dan kontak senjata.

Penasihat pasukan Garda Revolusi Iran ini menyebut aksi Saudi seperti serangkaian serangan Amerika Serikat ke Irak dan Afghanistan untuk mencegah kemerdekaan kedua bangsa tersebut.

Perlu dicatat bahwa Menteri Luar Negeri Yaman, Riad Yassin, menegaskan bahwa mereka memiliki bukti keterlibatan unsur-unsur dari Garda Revolusi Iran yang menyamar dalam barisan pemberontak Syiah Houthi di Yaman.

Sudah dua pekan lamanya Arab Saudi dan koalisi regional melancarkan serangan udara terhadap pemberontak Syiah Houthi dan milisi Ali Abdullah Saleh.

Selain berhasil menghancurkan pertahanan udara milik pemberontak, koalisi regional mulai menerjunkan paket persenjataan kepada pasukan pemerintah dan suku kabilah Yaman untuk memerangi pemberontak. (Aljazeera/Ram)