Jenazah Mantan Menlu Irak Tariq Azis Hilang di Bagdad

tariq-460_1746965cEramuslim.com – Jasad almarhum Tariq Aziz, bekas tangan kanan Saddam Husein yang meninggal pekan lalu, dinyatakan hilang Kamis (11/6/2015).

Associated Press mengabarkan, jasad Tariq Aziz hilang di Baghdad, saat hendak menuju ke Bandara untuk dimakamkan di Yordania. Zaenab, salah satu putri Tariq Aziz membenarkan kabar itu.

“Ibuku yang ada di Baghdad mendampingi jasad ayahku bercerita jasad mendiang hilang di Bandara Internasional Baghdad,” tutur Zaenab. Pejabat Maskapai Penerbangan Royal Jordania, membenarkan bahwa pesawat terakhir yang meninggalkan Baghdad, terbang tanpa peti mati Tariq Aziz.

Tariq Aziz, 79 tahun, yang menunggu hukuman mati, meninggal dunia di RS al-Hussein, Nasiriyah. Tariq, satu-satunya pejabat Kristen di jajaran pejabat tinggi Irak ini, pernah menjabat sejumlah posisi penting. Di antaranya menjadi deputi perdana menteri dan menteri luar negeri Irak. Loyalis Saddam Hussein ini menamakan salah satu anaknya dengan Saddam Hussein.

Beberapa bulan belakangan, sejumlah bekas loyalis Saddam dicurigai bekerja sama dengan kelompok militan ISIS, melawan pemerintahan Baghdad beraliran Syiah. Izzat Ibrahim al-Douri, yang diduga berhubungan dengan kelompok militan Suni. Namun sejumlah milisi Syiah menyatakan Ibrahim al-Douri tewas dalam kontak senjata dekat Tikrit.

Zaenab Aziz, putri Tariq Aziz yang tengah dirundung duka, tidak ingin berspekulasi kelompok mana yang mencuri jasad ayahnya itu. Violet, istri Tariq Aziz yang berada di Baghdad maupun pejabat Bandara Baghdad tidak mau berkomentar banyak.(rz)