Jaga Pengaruh Politik, Israel Sebut Arab Saudi Siap Bekerjasama Hadapi Iran

saudi-israelEramuslim – Surat kabar Jerusalem Post mengungkapkan bahwa pemerintah Arab Saudi telah menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Israel dalam mencegah meluasnya pengaruh Iran di wilayah Timur Tengah.

Dalam terbitannya hari Rabu (25/02) kemarin, Jerusalem Post, menyatakan bahwa informasi ini diperoleh dari para pejabat Saudi di negara-negara Eropa, yang menegaskan kesediaan mereka untuk membuka wilayah udara Kerajaan Arab Saudi bagi angkatan udara dan penerbangan komersil Israel untuk mencegah Iran mengembangkan program nuklirnya.

Jerusalem Post menambahkan bahwa sebagai imbalannya, Saudi meminta Israel untuk melaksanakan kesepakatan proses perdamaian solusi dua negara dan pengakuan hak untuk mendirikan negara Palestina.

Perlu diketahui bahwa program nuklir Iran telah menimbulkan kekhawatiran negara-negara Timur Tengah, terutama Israel dan Arab Saudi.

Israel takut nuklir Iran dapat menjadi ancaman nyata bagi keamanan negara penjajah tersebut di masa depan, sedangkan Saudi kini masih tertinggal jauh dalam pengembangan teknologi persenjataan karena masih mengandalkan pembelian dari negera-negara luar. (Dostor/Ram)