Italia Siap Gelar Operasi Militer Terbatas di Libya

MenluXItalia-paoloXJantelaunEramuslim.com – Menteri Luar Negeri Italia, Paolo Jantelaun, menyatakan bahwa negaranya siap menggelar operasi militer terbatas di Libya, menanggapi semakin meningginya ancaman teror milisi bersenjata di lepas pantai Libya.

Dalam wawancaranya dengan kantor berita BBC, Paolo Jantelaun mengatakan, “Negara Islam kini menjadi ancaman nyata bagi Libya. Kami wajib untuk campur tangan disana sama seperti kami terlibat di Irak dan Suriah, karena kami tidak sendiri,” mengacu pada seranagn udara koalisi internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat terhadap situs organisasi di Libya.

Sementara itu ketika ditanya mengenai tragedi tenggelamnya ratusan imigran gelap pada hari Minggu lalu, Menlu Jantelaun mengatakan, “Eropa kini menghadapi dua masalah yang sangat serius dihadapan mereka, yang pertama adalah ancaman teroris yang terus tumbuh di Libya, dan yang kedua adalah masalah imigran gelap yang terus berdatangan melalui bibir pantai Libya.”

Perlu diketahui bahwa bibir pantai Libya yang sangat panjang dan jarang pengawasan dapat diakses dengan mudah dengan menggunakan perahu sederhana menuju negara-negara Eropa selatan, seperti Italia. (Almasryalyoum/Ram)