Israel Senang Dengan Operasi Militer Mesir Di Semenanjung Sinai

mesir-israelKomandan pasukan darat Israel, Jenderal Guy Tzur, menuturkan bahwa kontrol penuh tentara Mesir atas daerah semenanjung Sinai hingga perbatasan dengan Israel, ”merupakan sebuah keuntungan besar bagi kepentingan nasional Israel. Oleh karena itu, kami mengizinkan Mesir mengirimkan persenjataan berat ke wilayah semenanjung Sinai.”

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Radio Israel , Tzur mengatakan bahwa “tentara Israel telah mengambil persiapan yang diperlukan sesuai dengan situasi yang berkembang di Semenanjung Sinai, akan tetapi kami berharap kepada pemerintah Mesir untuk tetap mempertahankan keadaan kondusif di daerah perbatasan.”

Sudah lebih dari satu bulan lamanya tentara Mesir melakukan operasi militer besar-besaran di wilayah semenanjung utara Sinai, sedikitnya belasan terowongan bawah tanah telah dibongkar aparat militer Mesir, dan puluhan rumah milik warga sipil hancur akibat terkena roket.

Perlu diketahui bahwa dalam perjanjian damai Mesir-Israel pada Maret 1979, melarang Mesir mengirimkan pesawat dan senjata berat ke daerah perbatasan dengan Israel dan Semenanjung Sinai. (rassd/Zhd)