Israel Bangga Uji Coba Rudal Jenis Baru ‘Magic Wand’ Berjalan Sukses

magic wandDepartemen Pertahanan Israel puas terhadap rangkain uji coba rudal jenis baru yang baru saja dilakukan militer Israel pada hari Rabu (20/11) kemarin.

Rudal yang diberi nama ‘Magic Wand’, merupakan kerjasama antara pihak militer Israel dengan Amerika Serikat sejak satu tahun lalu, Perusahaan Israel Rafael Defense Systems merupakan pengembang rudal ‘Magic Land’ berkerja sama dengan perusahaan AS Raytheon.

Pada sesi uji coba Rabu pagi di Israel Selatan, rudal jenis ini mampu menjatuhkan rudal balistik jarak pendek.

Menurut Dephan Israel, nantinya rudal jenis ini akan digunakan untuk mencegah setiap rudal dari Suriah atau Libanon, dan akan mulai di produksi massal pada tahun 2014 mendatang.

Magic Wand nantinya akan berfungsi sebagai penghubung antara sistem Iron Dome untuk mencegat rudal jarak pendek dan sistem rudal Arrow untuk mencegat rudal balistik, kedua sistem pertahanan rudal ini telah lama dimiliki oleh militer Israel melalui kerjasama militer Israel-Amerika Serikat.

Sebelumnya pada tes uji coba pertama tahun lalu prototype Magic Wand berhasil menjatuhkan rudal dengan rentang antara seratus sampai dua ratus mil jauhnya.

Tes tahap akhir ini sebagai persiapan Israel menghadapi serangan balasan Iran mengenai program nuklirnya, sebelumnya Israel mengancam akan menyerang Iran jika Dewan Keamanan Dunia gagal dalam perundingan nuklir dengan Iran.

Israel secara resmi telah melakukan pengembangan sistem pertahanan rudal pada tahun 2007 lalu berdasarkan pengalaman dari perang tahun 2006 dengan Hizbullah dan roket rakitan pejuang Palestina. (Aljazeera/lndk)