Iran Latih Milisi Syiah Houthi Di Suriah

Armed followers of Yemen's Shi'ite Houthi group sit on a truck in DhahianEramuslim – Seorang sumber pejabat tinggi Uni Eropa mengungkapkan adanya kamp pelatihan militer bagi millisi Syiah Houthi di Suriah, dalam sebuah pernyataannya kepada kantor berita AKI Italia pada hari Kamis (05/03).

Dalam wawancaranya, sumber tersebut menambahkan, “Pasukan Pengawal Revolusi Iran melatih ratusan milisi Syiah Houthi di kamp-kamp militer milik pasukan pemerintah di Suriah selatan, sebelum kembali ke Yaman.”

Sumber tersebut menambahkan, “Milisi ini kemudian dilatih dan ikut ambil bagian dalam pertempuran di kota Bosra dan Izra’ untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam berperang.”

“Milisi Syiah Houthi yang telah selesai melakukan pelatihan akan digantikan dengan milisi baru yang didatangkan dari ibukota sana’a,” ujar sumber diplomatik tersebut.

Sumber ini menjelaskan bahwa ada beebrapa cara untuk mentransfer milisi Syiah Houthi ke Suriah, yang pertama melalui Iran kemudian diterbangkan ke Suriah, dan yang kedua adalah melalui Beirut sebelum diangkut melalui jalan darat ke Suriah. (Dostor/Ram)