Setelah Suriah, Militer Rusia Akan Bergerak ke Irak

peta konflik Sunni-Syiah di Irak dan SuriahEramuslim – Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa pemerintah Moskow sampai saat ini belum menerima permintaan resmi dari pemerintah Baghdad, untuk membantu mereka dalam memerangi pejuang Negara Islam di Irak.

Pernyataan ini dikeluarkan Kremlin pada hari Rabu (07/10) kemarin menanggapi pernyataan resmi Ketua Komite Pertahanan dan Keamanan Parlemen Irak, Hakim Zamali, yang meminta Rusia untuk memainkan peran yang lebih besar menggantikan Amerika dalam memerangi kelompok pejuang Islam Sunni.

“Saya tidak tahu kapan mereka akan mengajukan permintaan tersebut, mungkin bisa saja besok ataupun beberapa pekan mendatang. Akan tetapi itu semua akan tergantung pada bagaimana keberhasilan kami di Suriah,” ujar Dmitry Peskov.

Perlu diketahui bahwa Iran, Suriah, Irak dan Rusia telah sepakat membentuk pusat koordinasi bersama di ibukota Baghdad, sebagai bagian dari upaya bersama memerangi pejuang Islam Sunni di Irak dan Suriah. (Skynewsarabia/Ram)