Ini Dia Negara Di Dunia Yang Bebas Dari Aksi Ataupun Serangan Teror

OmanEramuslim – Jika kita ditanya adakah negara di Timur Tengah ataupun di dunia yang bebas dari aksi terorisme ataupun serangan teroris? Mungkin kita akan bingung menjawabnya karena situasi dan kondisi terkini yang dihadapi oleh Timur Tengah dan belahan dunia lainnya.

Akan tetapi kini kita tidak perlu bingung lagi untuk menjawab pertanyaan tersebut, setelah Institute Ekonomi dan Perdamaian (IEP) menyatakan bahwa Oman adalah negara bebas teroris ataupun serangan teror selama tahun 2015 berjalan.

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh lembaga yang berbasis di Australia ini mendapati bahwa tingkat teror ataupun ancaman teror di Kesultanan Oman selama tahun 2015 adalah nol. Angka yang fantastis di dapat suatu negara ditengah kondisi stabilitas keamanan global yang sedang menghadapi berbagai teror dan peperangan.

IEP menjelaskan bahwa angka nol tersebut didapat akibat kebijakan ketat Kesultanan Oman yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan ekstremisme dan intoleransi sektarian, dan berfokus pada pembangunan kehidupan bangsa yang toleran dan jauh dari kehancuran serta konflik.

Tercatat dari sekian banyak pemuda Arab yang ikut bergabung dengan organisasi Negara Islam ataupun kelompok Islam lainnya di Suriah, Kemenlu Oman menyatakan bahwa hanya ada satu warganya saja yang dinyatakan bergabung dengan organisasi Negara Islam. (Dostor/Ram)