Ini Alasan Pembangunan Masjid di Polandia Selalu Ditentang?

Eramuslim – Membangun masjid di negara-negara yang didominasi Kristen begitu menghadapi tantangan. Penolakan ini lebih pada mengambil dalih karena Arab Saudi juga melarang pendirian rumah ibadah non-Muslim dan layanan publik keagamaan non-Muslim di negaranya. Berbeda dengan negara-negara Muslim lainnya di Timur Tengah yang tidak begitu membatasi agama Kristen dan agama non-Muslim lainnya.

Ketidakpuasan dengan situasi itu telah mendorong penyebaran kiasan dan meme secara daring yang menulis, “Kami akan menerima Muslim/masjid di sini ketika mereka mengizinkan Alkitab/gereja di Arab Saudi.”

Dari sejumlah meme demikian, ada satu meme yang lebih tegas menyatakan bahwa negara Polandia benar-benar memberlakukan larangan hukum terhadap masjid di sana sampai gereja-gereja Kristen diizinkan di Saudi. Lantas, apakah benar negara Polandia melarang pembangunan masjid di negaranya?

Kenyataannya, pembangunan masjid di Polandia yang didominasi Katolik memang dihadapkan pada penolakan dari pihak oposisi selama beberapa tahun terakhir. Di sejumlah negara Eropa barat dan juga Polandia, puluhan demonstran berdemonstrasi di pinggiran kota Warsawa menentang pembangunan masjid.

Dengan demikian, rencana komunitas kecil Muslim Polandia untuk membangun tempat ibadah dan pusat kebudayaan Islam sulit diwujudkan. Negara-negara Eropa tampaknya khawatir Islam mungkin menyebar ke arah timur ke anggota Uni Eropa yang taat Katolik.