Ingkar Janji, Obama Tolak Penutupan Penjara Guantanamo di Kuba

GuantanamoEramuslim – Rabu 25 November 2015, Presiden Barack Obama dikabarkan telah menandatangani undang-undang pertahanan tahun 2016, yang berisi pencegahan penutupan penjara Guantanamo.

Seperti dilansir kantor berita AFP menyatakan bahwa Kongres AS sebenarnya telah menerima teks RUU pertahanan tahun 2016 yang berisi berisi pencegahan penutupan penjara Guantanamo sejak dua pekan kemarin.

Menurut bocoran yang di dapat AFP, UU pertahanan baru berisi larangan Pentagon untuk memindahkan para tahanan dari penjara Guantanamo ke wilayah AS sebelum tanggal 31 Desember tahun 2016 mendatang.

Ini adalah janji kedua yang dilanggar Presiden AS yang pernah bersekolah di kawasan Menteng, Jakarta, setelah di akhir tahun 2015 ini Obama melanggar janjinya dengan mengirimkan pasukan darat AS dalam perang yang terjadi di Suriah.

Perlu diketahui bahwa dalam janjinya di pemilu presiden AS tahun 2012 lalu, Obama berjanji akan menutup penjara Guantanamo di wilayah Kuba sebagai salah satu agenda penting dalam masa kedua pemerintahannya di Gedung Putih. (Skynewsarabia/Ram)