Ingin Perbaiki Hubungan Dengan Teheran, Menlu Saudi Undang Menlu Iran Untuk Datang Ke Riyadh

pangeran saud faisalMenteri Luar Negeri Saudi Pangeran Saud al- Faisal mengundang Menlu Iran Mohammad Javad Zarif untuk datang mengunjungi Arab Saudi dan mengatakan “Saudi siap untuk memulai pembicaraan damai dengan pemerintah Teheran.”

Ini dikatakan Pangeran Saud al- Faisal saat konferensi pers di sela-sela forum kerjasama antara dunia Arab dan Asia Tengah hari Selasa (13/05) kemarin.

Pangeran Saud al- Faisal menambahkan “Kami ingin melakukan pertemuan dengan tetangga kami Iran untuk memperbaiki hubungan kami dengan mereka. Kami telah mengundang Menteri Luar Negeri untuk mengunjungi Arab Saudi dan akan menerima mereka setiap saat dan diwaktu yang tepat.”

Menlu Arab Saudi berharap bahwa pembicaraan damai dengan Iran dapat menyelesaikan perbedaan diantara kedua negara dan berharap dapat menciptakan kestabilan kawasan di wilayah Timur Tengah.

Perlu diketahui bahwa hubungan antara pemerintah Riyadh dan Teheran tegang sejak terjadinya Revolusi Islam di Iran pada tahun 1979, kondisi ini memburuk di pada abad 21 setelah munculnya konflik di Suriah pada tahun 2011 lalu.

Perbedaan mazhab, program nuklir Iran dan sikap Teheran yang mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al – Assad dan milisi Syiah Lebanon Hizbullah, menjadi tembok penghalang bagi kedua negara untuk melakukan pembicaraan damai. (Akhbarak/Ram)