Ingin Habisi Gerakan Islam, AS Bersiap Kirimkan Bantuan Heli Apache Kepada Pemerintah Irak

apachrPihak berwenang Irak mengklaim bantuan helikopter tempur berjenis Apache yang akan dikirimkan Amerika Serikat telah mendapat lampu hijau dari Senat, guna membantu pemerintah menghadapi milisi suku bersenjata di provinsi Anbar yang dituding berafiliasi dengan jaringan al Qaida.

Pejabat tersebut mengklaim bahwa pemerintah AS kini sedang menunggu persetujuan Senat untuk memasok helikopter tempur ke Irak, setelah sejumlah paket bantuan rudal Hellfire dan beberapa drone buatan AS akan disetujui Senat pada tahun 2013 lalu.

Anggota Senator AS Robert Menendez, sekaligus ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mengatakan “pihaknya kini sedang mempelajari proposal pemerintah AS  untuk mendapatkan jaminan penyewaan dan penjualan puluhan helikopter Apache bagi pemerintah Perdana Menteri Nuri al – Maliki.”

Anggota senat AS khawatir bantuan militer kepada Perdana Menteri Nuri al Maliki digunakan untuk menghabisi lawan-lawan politiknya.

Dua tahun setelah penarikan seluruh pasukan AS dari Irak, pemerintah Amerika Serikat segera mempercepat pasokan pengiriman rudal Hellfire dan pesawat pengintai dengan sejumlah peralatan lainnya kepada Irak. AS beralasan bahwa pengiriman paket bantuan senjata tersebut untuk membantu pemerintah Irak memerangi teroris. (Skynews/RAM)