Inggris Perkenalkan Jilbab Steril Sekali Pakai Bagi Dokter

Eramuslim – Kepercayaan rumah sakit adalah hal yang utama bagi masyarakat Inggris. Keseterilan jilbab seringkali menjadi hal yang kerap dipertanyakan pasien. Itu sebabnya Inggris memperkenalkan jilbab steril sekali pakai perdana bagi dokter dan petugas medisnya.

Seperti dilansir Birmingham Mail, Rabu (18/12), meski rumah sakit di Inggris memberikan akses kebebasan keimanan, namun dokter Muslim dan staf medis yang bekerja di rumah sakit sebelumnya belum tentu dapat menggunakan jilbab. Hal ini dilakukan demi menjaga kesterilan tempat medis. Namun ketika penemuan jilbab steril sekali pakai ini diperkenalkan, para dokter dan staf medis boleh menggunakannya.

Penemuan jilbab steril sekali pakai ini tak lepas dari peran dokter junior asal Malaysia, Farah Roslan. Farah mempunyai ide saat menjalani pelatihan di Rumah Sakit Royal Derby dalam menciptakan jilbab steril.

Setelah berjam-jam di bangsal, di mana ia mengenakan jilbab tradisional, ia menjadi khawatir dengan risiko infeksi pada pasien. Farah kemudian mencari ide untuk menerapkan rencananya di negara asalnya untuk jilbab steril sekali pakai. Dia menciptakan desain dan menggunakan kain yang menjaga keseimbangan antara menunjukkan rasa hormat terhadap imannya dan mampu tampil dalam pekerjaannya. “Saya telah menggunakan jilbab yang sama sepanjang hari yang jelas tidak bersih dan ideal,” kata Farah.