Infografik Negara-Negara Dengan Angaran Pertahan Terbesar Di Dunia (Bag.II)

Eramuslim – Setelah membahas dan mengulas 3 negara pertama di dunia dengan anggaran pertahanan terbesar di tahun 2015, di edisi kali ini Eramuslim akan membahas 3 negara lainnya di dunia dengan anggaran militer terbesar.

militer Perancis

Negara mana saja yang dimaksud? Berikut ulasannya untuk anda:

Perancis

Meskipun tidak lebih luas dari pulau Kalimantan, Perancis menganggarkan dana sebesar 56,5 miliar dolar AS sepanjang APBN tahun 2015 kemarin. Jumlah tersebut turun sebesar 0,2 miliar dolar AS jika dibandingkan dengan anggaran pertahan tahun 2014 yang mencapai 56,7 miliar dolar AS.

Anggaran tersebut sudah termasuk dana invasi militer Perancis di Irak dan Suriah, khususnya pasca bom Paris yang menewaskan sekitar 130 orang pada hari Jum’at 13 November tahun 2015 kemarin.

Rusia

Meskipun memilki teknologi persenjataan militer yang mampu menyaingi Amerika Serikat, Rusia justru memiliki anggaran pertahanan yang relatif kecil sebagai salah satu kekuatan militer di dunia.

Di tahun 2014 Rusia hanya menganggarkan dana sebesar 44,6 miliar dolar dalam anggara pertahanan mereka. Jumlah tersebut meningkat 10 miliar dolar AS pada tahun 2015 menjadi 54,13 miliar dolar AS.

Akan tetapi di tahun 2016 ini Rusia memutuskan untuk kembali mengurangi anggaran militer mereka sebanyak 5%.

India

Diam-diam secara perlahan India mulai mengembangkan industri militer mereka dengan membuat sejumlah rudal jelajah jarak jauh, yang khusus dipersiapkan untuk menjangkau negara-negara yang berani ketenangan India.

Anggaran pertahanan India terus mengalami tren kenaikan setiap tahunnya. Tercatat di tahun 2014 negara Hindu tersebut menyediakan dana sebesar 47,1 miliar dolar AS, dan meningkat ditahun 2015 menjadi 49,7 miliar dolar AS. (Skynewsarabia/Ram)