Kekuatan Militer Jerman di Irak Dan Suriah

A German Army soldier in the standing position, prepares to launch the AT4 (Light Anti Tank Rocket) while Sgt.. 1st Class Jon Marcum from Combined Joint Task Force 76, gives final instructions during Joint Heavy Weapons Range. (U.S. Army photo by Staff Sgt. Jose L. Rodriguez) (Released)

Eramuslim – Setelah menelusuri 11 negara Barat yang telah menyebarkan peralatan militernya di Irak ataupun Suriah pada 11 terbitan artikel yang lalu. Kini di terbitan terakhir tim redaksi akan membahas peralatan militer yang dikirimkan Jerman ke Suriah selain 1.200 tentara khusus.

Apa saja yang dikerahkan pemerintah Berlin setelah pada 4 Desember kemarin Parlemen Jerman menyutujui aksi militer di Suriah dengan biaya 134 juta euro dalam 1 tahun? Berikut penelusurannya untuk anda;

6 Pesawat Pengintai Tornado

Dibuat dan dikembangkan oleh 3 negara  Inggris, Jerman Barat dan Italia, 6 pesawat tornado yang dikirimkan pemerintah Berlin hanya akan bertugas sebagai pesawat pengintai tanpa ikut menggelar serangan udara di Suriah.

Pesawat jenis ini mempunyai 3 varian yaitu Tornado IDS (serang darat), Tornado ECR (Perang Elektronika/intai) dan Tornado ADV (Varian pertahanan udara/Air Defence Variant atau pesawat buru sergap).

1 Kapal Fregat

Fregat adalah salah satu jenis kapal kombatan yang biasanya digunakan untuk patroli samudera, serta pengawalan armada dagang dan tangker di daerah rawan. Misalnya armada fregat milik Amerika serikat sering digunakan untuk patroli di kawasan perairan Timur Tengah.

Kapal fregat di era modern biasanya dilengkapi dengan meriam serba guna, torpedo, rudal dari permukaan ke permukaan, dan rudal dari permukaan ke udara.

Secara spesifik fregat dibagi dalam beberapa fungsi, ada spesialis antikapal selam, antikapal permukaan, patroli,dan pertahanan udara. Dimana sistem persenjataan dan elektronika akan dengan tugas spesifik kapal.

Jerman sendiri mengirim sebuah kapal fregat untuk mengawal kapal induk Perancis “Charles de Gaulle” dari serangan laut kelompok pejuang Suriah.

Pesawat Tanker Udara Airbus A310 MRTT

Berada di Turki, Airbus A310 MRTT milik Jerman akan digunakan untuk mendukung pengisian bahan bakar pesawat tempur Perancis yang ikut-ikutan menggelar invasi militer di Suriah.

Rudal Patriot MIM-104

MIM-104 Patriot adalah sebuah sistem peluru kendali dari darat-ke-udara (SAM), yang digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat dan beberapa negara sekutu untuk menjatuhkan objek terbang yang dianggap membahayakan kemananan negara.

Saingan utama MIM-104 Patriot adalah S-300 buatan Rusia, dimana negara pecahan Uni Soviet tersebut telah membuat varian baru S-400 yang diklaim jauh mengungguli rudal Patriot AS. (Skynewsarabia/Ram)