Infografik 10 Negara Dengan Biaya Pendidikan Tertinggi di Dunia (Bag.Tamat)

nanyang universityEramuslim – Setelah menempati posisi ke lima sebagai negara dengan biaya pendidikan perguruan tinggi tertinggi di dunia, di bagian terakhir kali ini Asia Tenggara kembali menempatkan salah satu negara anggotanya dalam 11 negara dengan biaya pendidikan tertinggi.

Negara mana saja yang dimaksud? Berikut penelusurannya untuk anda;

9. Ditempat ke Sembilan ada Inggris dengan total biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk pendidikan kuliah anak-anaknya mencapai 40.290 dolar AS, atau setara dengan 42% gaji yang diterima orang tua.

Meskipun terbilang mahal untuk menempuh pendidikan di negara ini, akan tetapi kualitas yang dihasilkan sebanding dengan apa yang dikeluarkan orang tua.

Perlu diketahui bahwa biaya pendidikan perguruan tingggi di negara ini mencapai 9.000 pound Inggris setiap tahunnya, sesuai dengan jurusan dan fakultas yang diambil.

10. Ditempat kesepuluh ada negara tetangga kita Singapura dengan total biaya kuliah 35.400 dolar AS, atau setara dengan 36% gaji yang didapat orang tua.

Di negara ini fakultas sains dan kedokteran masih menjadi 2 jurusan yang banyak diminati baik oleh warga Singapura sendiri maupun dari negeri tetangga seperti Indonesia.

Perlu diketahui bahwa di Singapura pemerintah hanya memiliki 5 perguruan tinggi negeri, sedangkan sisanya adalah milik swasta.

11. Dan diposisi terakhir ada negara Jepang yang terkenal etos kerjanya, dimana di negeri para samurai ini orang tua hanya menghabiskan 24 ribu dolar AS atau setara dengan 18% uang yang didapat untuk biaya pendidikan tinggi anak-anak mereka.

Jurusan sains, matematika, dan teknik masih menjadi idola di 500 universitas yang berada di Jepang. Sedangkan warga Jepang yang tertarik dengan studi kemanusiaan harus melanjutkan studinya di luar negeri. (Rassd/Ram)