Infografik 10 Negara Dengan Biaya Pendidikan Tertinggi di Dunia (Bag.III)

IIUMEramuslim – Setelah menempatkan Malaysia sebagai wakil negara Asia dengan biaya pendidikan termahal di dunia, kini kita beranjak ke posisi 7 dan 8 yang ditempati kembali oleh negara-negara Eropa.

Negara mana saja yang dimaksud? Berikut penelusurannya untuk anda;

Di tempat ketujuh ada Ukraina yang kini sedang dilanda konflik bersaudara antar kelompok oposisi yang ingin tetap bergabung dengan Rusia, dengan pemerintah yang berniat bergabung dengan Uni Eropa.

Di negara ini para orang tua menghabiskan uang sebesar 23.200 dolar AS untuk pendidikan tinggi anak-anak mereka atau sekitar 52% dari gaji yang diperolah.

Ada yang menarik di negara ini bahwa jumlah unversitas di sini melebihi total universitas yang berada di Italia, Perancis, Jerman, Polandia dan Belgia jika digabungkan, atau sekitar 900 universitas.

Akan tetapi semenjak 3 tahun terakhir jumlah tersebut berkurang drastis menjadi   kurang dari 200 universitas. Kebanyakan universitas yang tutup berubah menjadi yayasan militer yang mempersiapkan warga Ukraina untuk mengikuti wajib militer.

Negara Lithuania menempati tempat kedelapan dengan 48% gaji para orang tua, atau sekitar 23.900 dolar AS, dihabiskan untuk membiayai pendidikan tinggi anak-anak mereka.

Ditahun 2009 lalu para mahasiswa di Lithuania sempat meminta reformasi pendidikan karena system yang lama diyakini telah memperbesar biaya yang ditanggung orang tua mereka untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya. (Rassd/Ram)