Satu Tahun Intervensi AS Dan Koalisi Internasional Di Irak

File handout photo of five U.S. Air Force F-16 "Fighting Falcon" jets flying in echelon formation over the U.S. en route to an exerciseEramuslim – Selasa 23 September 2014 menjadi hari pertama koalisi internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat bersama sekutunya melancarkan serangan pertama sejak berakhirnya invasi militer menggulingkan Saddam Hussein pada tahun 2003 lalu.

Akan tetapi tahukah kita berapa banyak serangan udara yang sudah dijatuhkan oleh AS dan sekutunya di Irak untuk menghabisi pejuang Negara Islam? Berikut sejumlah penelusurannya untuk anda;

1. Dalam keterangan pers Juru bicara koalisi Kolonel Steve Warren asal AS pada hari Kamis (22/10) kemarin mengatakan bahwa sedikitnya 7.000 serangan udara telah dilancarkan koalisi internasional terhadap Negara Islam sejak 1 tahun lalu.

Dari serangan tersebut dilaporkan sedikitnya 20.000 anggota pejuang negara Islam di laporkan tewas.

2. AS dan koalisi internasional mengklaim bahwa serangan udara mereka tidak menyebabkan kerusakan bangunan dan infrastruktur umum milik Irak.

3. Selain itu AS dan Koalisi Internasional juga menyatakan berhasil membangun kembali institusi pasukan pemerintah Irak yang sebelumnya runtuh akibat serangan pejuang Negara Islam.

4. Koalisi internasional berhasil mendukung pasukan pemerintah untuk merebut kembali kota Beji dari pejuang Negara Islam pada pekan ini.

Perlu diketahui bahwa jumlah korban tewas dan lainnya adalah klaim semata dari pihak koalisi internasional, tanpa menghitung adanya korban sipil diantara serangan udara mereka di Irak serta kehadiran milisi Syiah Iran. (Dostor/Ram)