Panitia Pembangunan Masjid Frankfurt : Masyarakat Muslim Pro Aktif Kenalkan Islam di Frankfurt

Panitia Pengadaan Masjid Indonesia FrankfurtMenyadari eksistensi bangsa Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, sudah selayaknya muslim Indonesia saat ini berperan lebih aktif lagi dalam proyek kemanusiaan dan perdamaian di tengah masyarakat Eropa. Termasuk salah satunya adalah kota Frankfurt sebagai salah satu kota besar dan strategis di Eropa, sangat penting bagi Muslim Indonesia untuk berperan aktif mengenalkan Islam di jantung Eropa ini.

Saat ini, eksistensi keberadaan organisasi muslim di Frankfurt berada di bawah organisasi Indonesisch-Moslemische Gemeinde e.V (Masyarakat Muslim Indonesia/ MMI) Frankfurt. Untuk periode sekarang, ketua MMI diamanahi kepada Bapak Sumardji Kertasentana. MMI telah lama aktif berperan dalam kegiatan sosial, budaya, pendidikan dan spiritual masyarakat Indonesia di Frankfurt. Maka adalah hal yang sangat mendesak merancang proyek besar agar lebih berperan aktif dengan penataan organisasi yang modern. Pada akhirnya, masyarakat muslim Indonesia di bawah MMI di Frankfurt membulatkan tekad untuk membangun sebuah masjid.

Demikian pokok-pokok ceramah dan diskusi MMI dalam rangka peresmian panitia pengadaan masjid Indonesia yang dilaksanakan pada hari Minggu (23/6) di aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia Frankfurt (am Main). Acara ini diikuti oleh puluhan masyarakat muslim Indonesia yang berdomisili di kota Frankfurt (Main) dan beberapa kota lainnya di negara bagian Hessen.

Rencana pendirian mesjid ini juga mendapat dukungan dari pihak KJRI dan masyarakat Indonesia, tidak hanya dari Frankfurt (Main), namun juga dari masyarakat Indonesia di Jerman secara umumnya.

Dr. –Ing. Suhendra yang diberi amanah sebagai ketua panitia pengadaan mesjid dalam sambutannya mengutarakan bahwasanya mesjid Indonesia yang akan berdiri di kota Frankfurt (Main) ini diharapkan nantinya bisa selain menjadi sebuah wadah pemersatu masyarakat Indonesia di Frankfurt dan di negara bagian Hessen, juga sebagai mercusuar kearifan budaya luhur bangsa Indonesia yang dikenal dengan toleransi, keramahan dan kerukunan antar umat beragama.

Kegiatan ke depan pun sudah dibidik. Panitia akan merangkul seluas-luasnya potensi masyarakat di Frankfurt, baik warga negara Indonesia maupun warga negara Jerman yang mendukung proyek luhur ini. Dalam dekat, akan dirancang berbagai aktivitas guna memperkenalkan lebih luas lagi keberadaan MMI dan proyek pengadaan masjid ini, sehingga mengalir dukungan dari masyarkat Indonesia seluas-luasnya.

Selain peresmian panitia pengadaan mesjid, dalam acara ini juga dilaksanakan tausiyah singkat untuk menyambut bulan Ramadhan serta dimeriahkan dengan penampilan seni Islami dari masyarakat muslim Indonesia yang hadir.

 

FRANKFURT –  23 Juni 2013.

Panitia pengadaan Masjid Indonesia Frankfurt, Divisi Komunikasi Publik