Berkenalan dengan Program Kaderisasi Ulama dan Cendekiawan Muslim

Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (At-Taubah: 122)

Misi kenabian menegakkan kalimah tauhid harus terus bejalan sampai akhir jaman. Misi ini kemudian dilanjutkan para ulama yang merupakan pewaris para nabi. Namun mereka tidaklah serta merta turun dari langit. Mereka dibentuk melalui proses pendidikan. Karena itu, program kaderisasi ulama harus terus berjalan bahkan menjadi prioritas umat Islam.

Sebagai perguruan tinggi Islam, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor turut berkewajiban melakukan proses kaderisasi ulama dan cendekiawan muslim. Karena itu, UIKA Bogor bekerja sama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa dan Sarjana (PPMS) Ulil Albaab menyelenggarakan Program Kaderisasi Ulama dan Cendekiawan Muslim (PKUCM).

Program ini bertujuan untuk menyiapkan kader yang tidak hanya menguasai ilmu-ilmu agama (ulumuddin) dengan baik dan benar (faqih fid dien) namun juga mampu menjawab tantangan pemikiran kontemporer dengan tepat. Di samping itu, program ini juga bertujuan mencetak kader yang mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik. Tentu saja diharapkan kemampuan tersebut dapat digunakan untuk berkontribusi untuk kemaslahatan umat.

Program yang dikhususkan untuk mahasiswa S2 ini sekarang sudah memasuki angkatan kedua dengan kewajiban mondok selama 1 tahun. Angkatan sebelumnya berjumlah 10 orang untuk program studi Pendidikan Islam. Angkatan kedua ada penambahan jumlah penerima beasiswa menjadi 29 orang. Pada angkatan ini, peserta dibagi ke dalam dua program studi, 9 orang mengambil studi Magister Pendidikan Islam dan 20 orang mengambil studi Ekonomi Islam. Para mahasiswa ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, latar belakang keilmuan agama maupun umum, dari dalam dan luar negeri.

Para kader menempuh pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan formal, sebagaimana disebutkan di atas, dijalani pada dua Program yaitu Magister Pendidikan Islam konsentrasi Pendidikan dan Pemikiran Islam dan Magister Ekonomi Islam konsentrasi Zakat. Sedangkan pendidikan non-formal ditempuh di PPMS Ulil Albaab yang berada di dalam Kampus UIKA Bogor. Para kader mengkaji kitab-kitab turats (klasik), berlatih kepemimpinan, jurnalistik, bahasa Arab dan Inggris serta aplikasi dakwah di tengah umat.

Donasi dapat disampaikan melalui Rekening BRI SYARIAH Jl Jajajaran Bogor atas nama Ibdalsyah QQ Cendekiawan Muslim No Rek. 100 436 8246

Irfan Habibie Martanegara, ST (Bendahara PPMS Ulil Albaab, mahasiswa Magister Pendidikan Islam PKUCM Angkatan Pertama)