India Berhasil Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Menuju Planet Mars

pesawat luar angkasa indiaIndia berhasil meluncurkan sebuah pesawat ruang angkasa dalam misi tak berawak ke planet Mars, yang akan menempuh perjalanan sekitar 300 hari lamanya.

Pesawat tersebut diluncurkan pada pukul 02:38 waktu setempat ( 09:08 WIB) dari pangkalan antariksa Sriharikota di pantai selatan India.

Dalam pemantauannya, pesawat telah berhasil menyelesaikan tiga tahap untuk pemisahan roket, dan jika semuanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan pesawat luar ankasa yang diberi nama ‘Mangalian’ akan mencapai Mars pada 24 September / September 2014 , menurut perkiraan yang dinyatakan oleh Indian Space Research Organisation ( ISRO ).

Pembuatan pesawat hingga peluncurannya telah menelan dana sekitar 4,5 miliar rupee ($ 73.000.000), jumlah ini kurang dari seperenam pembangunan wahana angkasa milik Nasa milik AS yang menelan dana sekitar $ 455 Miliyar, dan direncanakan diluncurkan pada akhir bulan November ini.

Nantinya jika misi luar angkasa India ini sukses, akan menjadikan India sebagai negara Asia pertama yang mencapai Mars, dan negara ke empat yang berhasil mengirim pesawat lunar angkasanya ke planet Mars setelah badan antariksa AS , Eropa dan Rusia. (Aljazeera/lndk)