Ilmuwan Asal Republik Ceko, Temukan Makam Pyramida Baru Di Selatan Kairo

Tim illmuwan asal negara Ceko, menemukan sebuah kuburan baru yang diperuntukan bagi para dokter kerajaan di dekat komplek Pyramida yang berada di selatan Kairo.

kuburan pyramid baruDalam keterangan resmi Kementerian Benda Purbakala Mesir, “sebuah kuburan terbuat dari batu kapur yang berumur sekitar 45 abad SM, ditemukan tim ilmuwan asal Republik Ceko di Selatan kota  Kairo.”

Wakil Menteri Purbakala Mesir, Ali Ashfar, mengatakan bahwa “pemilik kuburan tersebut merupakan sejumlah dokter besar kerajaan pada yang berada di zaman pembangunan Pyramid Mesir, yang berasa dari era Dinasti Kelima (sekitar 2494-2345 SM ).”

Ali Ashraf menambahkan bahwa “pemakaman ini terletak di komplek pemakaman Abusir yang memiliki panjang 21 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 4 meter.

Dalam pintu masuk terdapat gambar keterangan pekerjaan penghuni makam ini yang terdiri dari berbagai pekerjaan, seperti tukang sihir dan pemuka agama dewa RA di zaman raja-raja Dinasti Kelima.

Dalam keterangan Direktur misi penggalian ini, Maiorsla Barta, “kuburan-kuburan yang berada di komplek pemakaman Abusir mulai dibangun pada pertengahan era Dinasti Kelima, dan mereka yang dikuburkan disini merupakan para golongan pekerja hirarki dari raja-raja Dinasti Kelima Abusir .”

Pyramida Al Ahram mulai dibangun di era Firaun Dinasti III (sekitar 2890-2686 SM ) dan kemudian selesai menjadi Al – Ahram yang dikenal dengan nama masing-masing pyramida dengan nama-nama raja Khufu , Khafre dan Menkaure pada Dinasti Keempat (sekitar 2616-2494 SM ). (skynewsarabia/lndk)