HRW Dan Perancis Tuding Tentara Pemerintah Kembali Gunakan Senjata Kimia

korban gas klorinPemerintah Perancis menuding pasukan pemerintah Suriah setidaknya telah 14 kali menggunakan senjata kimia sejak 25 Oktober 2013 lalu, seperti dikutip dari Menlu Perancis Laurent Fabius hari Selasa (13/05).

Dalam konferensi pers di Washington DC hari Selasa kemarin, Laurent Fabius mengatakan “kami memiliki bukti 14 kali penggunaan senjata kimia oleh tentara pemerintah sejak 25 Oktober lalu. Mereka menggunakan senjata kimia tersebut dalam jumlah kecil di beberapa pekan terakhir.”

Menurut Menlu Perancis ini, penggunaan Gas Klorin akan sulit di cari buktinya karena gas ini akan menguap dengan cepat di udara.

Selain Perancis hal senada juga diungkapkan oleh organisasi dunia Human Right Watch dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Selasa Kemarin.

HRW menyatakan bahwa pihaknya memiliki bukti kuat penggunaan gas klorin oleh tentara pemerintah di kota-kota yang dikendalikan oleh pasukan revolusi Suriah.

Organisasi pemantau HAM dunia ini mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengajukan Suriah ke Mahkamah Pidana Internasional, karena menggunakan senjata yang dilarang dalam konvensi internasional mengenai pelarangan senjata kimia. (Aljazeera/Ram)