Harga Minyak Turun, Jordan Kurangi Harga BBM, Malaysia Dan Indonesia Justru Menaikan Harga BBM

bbmPemerintah Jordan memutuskan pada Minggu malam (30/11) untuk menurunkan harga bahan bakar pada setiap jenis yang berbeda, ditengah menurunnya harga minyak dunia per barelnya.

Dalam pengumuman resminya, pemerintah Jordan menyatakan bahwa keputusan ini akan berlaku pada hari Senin, 1 Desember 2014.

Harga bensin dengan kadar oktan 90 turun sebesar 6,1%, sedangkan bensin dengan oktan 95 turun harga 6,7%, serta bahan bakar solar dan gas turun sebesar 5,2%.

Perlu diketahui bahwa pemerintah Jordan memutuskan untuk menghapus subsidi harga BBM pada bulan November tahun 2012 lalu, dan menetapkan harga bahan bakar minyak yang ditentukan oleh harga global minyak dunia.

Perlu diketahui bahwa Jordan mengimpor seluruh kebutuhan minyak mentahnya dari Arab Saudi, dan kini sedang berusaha untuk mencari sumber energi alternatif dari gas alam untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.

Sebelumnya pada tahun 2013 lalu APBN Jordan mengalami defisit mencapai 1,8 miliar dolar AS, dan diperkirakan pada tahun 2014 ini mencapai 1,5 miliar dolar.

Langkah ini justru berbeda dengan pemerintah Indonesia yang justru menaikan harga bahan bakar minyak ditengah turunnya harga minyak dunia. (Rassd/Ram)