Hapus Memori Perjuangan, Rezim Sisi Ubah Nama Medan Rabia’h Jadi Barakat

Tarawih Pejuang revolusi di Medan RabiahEramuslim – Selasa 30 Juni 2015, Dewan Menteri Mesir mengumumkan mengganti nama Medan Rabi’ah Adaweyah dengan nama Jaksa Agung Hisyam Barakat (65 tahun) yang tewas akibat aksi pemboman pada hari Senin (29/06) kemarin.

Seperti dilansir wartawan Sky News Arab dari juru bicara pemerintah menyatakan bahwa Dewan Menteri Mesir telah sepakat untuk mengganti nama Medan Rabia’ah Adaweyah di Nasr City dengan Medan Hisyam Barakat.

Jenazah Hisyam Barakat sendiri dikebumikan dengan upacara pemakaman militer yang turut dihadiri Presiden kudeta Abdel Fattah Sisi di komplek Tagamu Khamis pada hari Selasa kemarin.

Dan itu terjadi di Mesir ibukota Kairo pemakaman Jaksa Agung Hisham Barakat, yang dibunuh dalam serangan bom teroris di iring-iringan upacara nya Senin.

Jaksa Hisyam barakat tewas setelah sekelompok orang tak dikenal menyerang mobil iring-iringannya dengan bom bunuh diri.

Perlu diketahui bahwa Medan Rabia’h adalah simbol perjuangan rakyat Mesir melawan kudeta militer yang dipimpin oleh Abdel Fattah Sisi pada 3 Juli 2013 lalu. Sedikitnya 2000 lebih demonstran damai ditembaki aparat militer sipil dalam insiden yang berlangsung pada bulan puasa 2 tahun yang lalu.

Medan Rabi’ah sendiri berada kurang dari 1 kilometer dengan gedung “Wisma Nusantara” milik ICMI yang diresmikan oleh mantan Presiden BJ Habibie saat berkunjung ke kota Kairo, Mesir. (Skynewsarabia/Ram)