Hadapi Agresivitas AS, Rusia Tambah 40 Rudal Balistik Berkepala Nuklir Antar Benua

putinobamaEramuslim.com – Presiden Vladimir Putin, mengatakan Rusia akan menambah lebih dari 40 peluru kendali balistik antarbenua dalam persenjataan nuklirnya pada 2015.

Putin mengumumkan hal tersebut sehari setelah pejabat Rusia mengecam rencana Amerika Serikat menempatkan tank dan persenjataan berat di negara anggota NATO, yang berbatasan dengan Rusia, sebagai bentuk ulah paling agresif Amerika Serikat sejak Perang Dingin.

“Lebih dari 40 rudal balistik antarbenua yang mampu mengatasi bahkan sistem pertahanan anti-rudal paling canggih sekalipun, akan ditambahkan dalam persenjataan nuklir tahun ini,” kata Putin yang didampingi para perwira militer, dalam pidato pada pameran militer dan senjata, Selasa (16/6).

Ketegangan antara Rusia dan AS meningkat terkait krisis Ukraina dan Washington. Situasi kian rumit, lantaran Moskow juga tidak sepakat atas berbagai hal lain. Pejabat Rusia memperingatkan Moskow akan membalas jika AS melaksanakan rencana untuk menyimpan perlengkapan berat militer di Eropa barat, termasuk di negara-negara Baltik yang dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet.

“Rasanya kolega kami dari negara-negara NATO mendorong kami ke arah persaingan senjata,” kata Wakil Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Antonov disela-sela pameran.(rz)