Ingin Hadapi Negara Islam, Peshmerga Kurdistan Irak Kirim Kembali 150 Pejuangnya Ke Kobani

Convoy of peshmerga vehicles is escorted by Turkish Kurds on their way to the Turkish-Syrian border, in Kiziltepe near the southeastern city of Mardin150 orang pasukan Peshmerga Kurdi dilaporkan tiba di Bandara Şanlıurfa, selatan Turki, pada Selasa (02/12) malam, dalam rangka membantu pejuang Kurdi di kota Kobani melawan milisi Negara Islam (IS).

Ini merupakan tahap kedua pengiriman pejuang Peshmerga Kurdi asal Irak, setelah pada 28 Oktober lalu sekitar 150 pasukan Peshmerga menyeberang ke Suriah melalui perbatasan Turki.

Menurut koresponden kantor berita Reuters, mengatakan “ratusan pejuang Peshmerga tiba di selatan Turki menggunakan pesawat khusus yang bertolak dari Bandara Internasional Erbil, Irak.”

Penjagaan ketat dilakukan pasukan khusus Turki hingga mereka menyeberangi wilayah perbatasan Turki-Suriah, dan melarang wartawan untuk mengambil gambar.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Peshmerga, Jabbar Yawar, sebelumnya mengatakan “pasukan Peshmerga Kurdi tahap pertama telah lelah dalam memerangi milisi ISIS, sudah saatnya mereka diganti.”

Amerika Serikat mengklaim pengiriman pasukan Peshmerga Kurdi ke kota Kobani efektif mencegah kemajuan milisi Negara Islam (IS). (Rassd/Ram)