Global Zogby : Rakyat Turki Inginkan Mujahidin Al Qaeda Menangkan Konflik Di Suriah

assadLembaga penilitian Global Zogby Amerika Serikat mengungkapkan bahwa lebih dari setengah penduduk Arab menginginkan pejuang revolusioner moderat memenangkan konflik di Suriah dalam hasil survei terbarunya pada bulan Oktober lalu.

Dalam survei yang dilakukan dari periode 4 September – 3 Oktober lalu, responden dari negara-negara Sunni seperti Mesir menginginkan kemenangan pada akhirnya didapat oleh pejuang moderat Suriah.

Sebanyak 68% koresponden Mesir mendukung perjuangan kelompok moderat Suriah, disusul kemudian oleh 56% dari Yordania dan 56%, 50% dari UEA dan 49% dari Saudi.

Sedangkan di negara-negara Syiah, 87% rakyat Iran menginginkan kemenangan diraih oleh rezim Bashar al Assad, sedangkan di Lebanon sebanyak 68%.

Akan tetapi hasil mencengangkan justru berasal dari Turki, di negara Erdogan ini sebanyak 40% responden menginginkan kelompok Jabhah Nusra yang berafiliasi dengan al Qaeda memenangkan konflik di Suriah.

Adapun mengenai dampak konflik dengan peningkatan ketegangan sektarian dan ekstrimisme di wilayah Timur Tengah, sebanyak 79% koresponden dari Saudi menolak pernyataan tersebut, sedangkan 60% responden UEA membenarkannya.

Global Zogby adalah sebuah perusahaan swasta Amerika berurusan dengan studi dan riset pasar serta pendapat jajak pendapat. Perusahaan ini didirikan oleh John Zogby pada tahun 1984.

Peneliti di perusahaan ini terdiri dari berbagai kelompok masyarakat seperti jurnalis, orang pemerintahan dan organisasi politik.

Perusahaan ini telah melakukan penelitian di lebih dari 70 negara di seluruh dunia, dengan kantor pusat perusahaan di kota New York, dan kantor cabang di Florida, Washington serta Dubai. (Rassd/Ram)