Giliran Parlemen Australia Serukan Pemerintah Akui Negara Palestina

parlemen australiaDua Partai penguasa Parlemen Australia mengusulkan pemerintah dan parlemen untuk merancang resolusi pengakuan Palestina menjadi negara merdeka dan berdaulat, seperti dilansir surat kabar The Guardian terbitan Australia.

Seperti dikutip The Guardian dari “Friends of Palestine” milik Parlemen Australia dalam terbitan hari Senin (01/12) kemarin, menyatakan “pengakuan internasional terhadap Negara Palestina adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri kebuntuan dalam mencapai perdamaian di Timur Tengah.”

Usul ini sendiri digagas oleh Partai Buruh dan Liberal yang merupakan dua partai terbesar di Parlemen Australia.

Salah seorang anggota parlemen dari Partai Buruh, Maria Vamvakinou, mengatakan “kami telah menyerukan pemerintah untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka, “hal ini tentunya memfasilitasi pencapaian perdamaian internasional,” ujarnya.

Sementara itu menanggapi solusi 2 negara, Maria menegaskan bahwa proposal tersebut menunjukan tidak akan menghasilkan apapun dalam konteks perdamaian ke 2 negara.

Tercatat, pengakuan negara Palestina di Uni Eropa pertama kali dicetuskan oleh pemerintah Swedia yang kemudian di ikuti oleh Parlemen Spanyol, British House of Commons (Inggris), Irish House of Commons (Irlandia), dan Parlemen Perancis yang dijadwalkan pada awal Desember ini. (Rassd/Ram)