Gerakan Pembebasan Yaman Umumkan Berhasil Bebaskan 3 Provinsi Dari Pemberontak Syiah Houthi

sisa perang di yamanEramuslim – Senin 10 Agustus 2015, gerakan pembebasan Yaman mengumumkan telah berhasil mengontrol penuh provinsi Aden, Lahj, dan Dalea setelah pertempuran sengit yang berjalan selama 4 bulan lebih.

Dalam pengumuman gerakan Perlawanan Rakyat di Ibb menyatakan, “Kami berharap dalam beberapa pekan kedepan dapat kembali mengontrol provinsi Taiz, Ibb, Marib dan Abyad, setelah sebagian besar pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya melarikan diri dari kota-kota tersebut.”

Gerakan Perlawanan Rakyat yang setia kepada Presiden Abed Rabbo Mansur Hadi mengklaim bahwa pasukannya berhasil mengontrol 60% lebih wilayah dari ke empat provinsi di wilayah selatan Yaman yang kini menjadi ajang pertempuran.

Menurut komandan gerakan Perlawanan Rakyat, kemenangan mereka di provinsi Aden, Lahj, dan Dalea telah memberikan kontribusi besar dalam menjatuhkan mental pemberontak Syiah Houthi dan milisi Ali Abdullah Saleh di sejumlah provinsi di selatan Yaman.

Perlu diketahui bahwa sejak akhir bulan Juli lalu Gerakan Perlawanan Rakyat telah menerima ratusan tank M1 Abrams dari pemerintah Arab Saudi dan puluhan lepis baja lainnya dari Uni Emirat Arab, sebagai bagian persiapan pembebasan wilayah selatan Yaman dari cengkeraman pemberontak Syiah Houthi. (Bbcarabic/Ram)