Gelombang Kemerdekaan Palestina, Parlemen Portugal Serukan Pemerintah Akui Negara Palestina

bendera palestinaSetelah Senat Perancis pada hari Kamis (11/12), giliran Parlemen Portugal menyerukan pemerintah untuk segera mengakui negara Palestina dalam pemungutan suara yang berlangsung pada hari Jum’at (12/12).

Dalam rancangan resolusi yang diajukan bersama oleh anggota parlemen dari Partai berkuasa dengan Partai Sosialis Portugal, meminta pemerintah berkoordinasi dengan Uni Eropa untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Parlemen juga meminta pemerintah untuk terus mendorong negosiasi damai antara kedua negara, agar dapat hidup berdampingan secara damai, dan menyatakan “perundingan hanya untuk memastikan keamanan dan perdamaian di kawasan ini.”

Sementara itu Menteri Luar Negeri Portugal, Roy Mashit, mengatakan di depan anggota Parlemen “pemerintah Portugal akan memilih waktu yang tepat untuk pengakuan negara Palestina, sampai mereka dapat hidup berdampingan dengan damai.

Sebelumnya pada hari Rabu (10/12) kemarin, Parlemen Irlandia juga mendesak pemerintahnya untuk segera mengakui negara Palestina.

Sampai saat ini Swedia menjadi negara Uni Eropa pertama yang mengakui secara resmi negara Palestina. (Skynewsarabia/Ram)