Tradisi Menyambut Ramadhan di Berbagai Negara

menyambut ramadhanEramuslim – Kamis 18 Juni 2015, sebagian besar umat Islam di dunia mulai menjalani ibadah puasa untuk hari pertama di bulan suci Ramadhan 1436 Hijriyah.

Tidak jauh berbeda dengan masyarakat Muslim di Indonesia, umat Muslim di wilayah kawasan Timur Tengah juga sibuk berbelanja membeli bahan makanan untuk persiapan sahur dan berbuka di hari pertama bulan suci Ramadhan.

Ada sedikit hal yang membedakan adat umat Muslim di Arab dengan di Indonesia. Jikalau di Indonesia ada sebagian warganya menyambut bulan suci Ramadhan dengan pawai disekitar lingkunga mereka dan Masjid penuh dengan Jamaah, akan tetapi di Timur Tengah masyarakatnya sibuk menghias depan rumah mereka, jalan-jalan dan masjid dengan lampu lampion.

Biasanya mereka yang telah berkunjung ataupun pernah bersekolah di wilayah Timur Tengah akan melihat indahnya malam yang berhiaskan cahaya lampu ketika bulan Ramadhan tiba.

Bagaimana keseruan awal Ramadhan di negara kawasan? Berikut beberapa fotonya untuk anda;

menyambut ramadhan 6

Palestinian electrician Raid Sharawi hangs decorative lamps in the shape of the Muslim crescent and star in preparation for the Muslim holy month of Ramadan outside his shop in the West Bank town of Hebron 19 September 2006. One lighting fixture costs some 50 shekels or 11 US dollars and Sharawi sells them by piece or in a string of 15 for people to hang outside their homes. Ramadan is marked by Muslims refraining from eating, drinking and sex from dawn to dusk throughout the holy month, which is expected to start around September 24 depending on sightings of the crescent moon.  AFP PHOTO/HAZEM BADER (Photo credit should read HAZEM BADER/AFP/Getty Images)

menyambut ramadhan 11

menyambut ramadhan 13

menyambut ramadhan 4

menyambut ramadhan 1

menyambut ramadhan 3

menyambut ramadhan 5