Fakta Dan Informasi Seputar Pembangunan Canal Suez Baru di Mesir ?

peta canal suez baruEramuslim – Setelah hampir 1 tahun penggalian dan pengerukan untuk cabang Canal Suez baru sejak tahun 2014 lalu, akhirnya pemerintah kudeta yang dipimpin Presiden Abdel Fattah Sisi akan membuka cabang Canal baru tersebut pada hari Kamis (06/08) ini.

Akan tetapi tahukah kita mengenai fakta-fakta dan informasi mengenai proyek yang diklaim oleh Sisi sebagai persembahan Mesir untuk dunia? Berikut redaksi Eramuslim sedikit mengulasnya untuk anda;

Cabang Canal Suez baru di bangun diantara kilometer 60 hingga kilometer ke 95, dengan panjang mencapai 35 kilometer dari total keseluruhan panjang Canal Suez yang mencapai 190 kilometer.

Pemerintah Mesir berencana akan membangun kota buatan ditengah-tengah pulau yang membelah 2 Canal Suez sepanjang 35 kilometer.

Pembangunan Canal baru ini bertujuan untuk meningkatkan volume kapal yang melintas dan pendapatan nasional Mesir, serta mengurangi waktu tunggu kapal-kapal yang akan menuju atau meninggalkan Laut Mediterania.

Pemerintah Mesir berharap di tahun 2023 mendatang dapat mencapai pemasukan sekitar 13.226 miliar dolar AS dari Canal Suez, meningkat 2 kali lipat lebih jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya memperoleh pendapatan sebesar 5,3 miliar dolar AS.

Mesir menargetkan kapal yang melintasi Canal Suez mencapai 97 kapal per hari pada tahun 2023, dari sebelumnya hanya 49 kapal per hari di tahun 2014. Selain itu Canal baru juga dapat mengurangi transit 45 kapal perhari di kedua arah.

Dikerjakan selama 12 bulan, kedalam Canal baru mencapai 24 meter yang memungkinkan kapal yang memiliki cekung 66 kaki untuk menyeberang. (Skynewsarab/Ram)