Europol: 10.000 Anak Pengungsi “Hilang” Setelah Masuk Eropa

Palestinian children take refuge at a United Nations school in the northern Gaza StripEramuslim.com – Lebih dari 10.000 pengungsi anak tanpa pendamping telah lenyap setelah kedatangan mereka di Eropa dan mungkin telah jatuh ke tangan geng perdagangan manusia yang terorganisir, kata badan intelijen kriminal Uni Eropa.

Kepala Staf Europol, Brian Donald dalam sebuah wawancara pada Sabtu (30/01) memperingatkan bahwa “infrastruktur kriminal” yang canggih sekarang menargetkan pengungsi, dan menambahkan bahwa 5.000 anak-anak yang telah menghilang di Italia dan 1.000 lebih juga belum ditemukan di Swedia.

“Ini tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa kita sedang melihat 10.000 anak-anak menghilang begitu saja”, kata Donald”. Tidak semua dari mereka akan dieksploitasi pidana; beberapa mungkin telah diteruskan kepada anggota keluarga mereka. Kami hanya tidak tahu di mana mereka, apa yang mereka lakukan atau dengan siapa mereka”.

Dia juga menyatakan anak-anak itu hilang setelah meminta suaka ke otoritas negara, dan menambahkan bahwa penemuan terungkap oleh lembaga penegak hukum Eropa yang telah melacak salah satu aspek yang paling mengganggu krisis pengungsi di benua Eropa.

“Apakah mereka terdaftar atau tidak, kita sedang berbicara tentang 270.000 anak . Tidak semua dari mereka bersama keluarga, tapi kami juga memiliki bukti bahwa sebagian besar mungkin”, tegasnya, dan menambahkan Angka yang dikeluarkan dari jumlah yang sebenarnya bisa jadi lebih tinggi.

Menurut LSM “Save the Children” yang berbasis di Inggris, diperkirakan 26.000 anak-anak tanpa pendamping masuk Eropa pada tahun 2015.

Sementara Europol, yang memiliki kekuatan 900 analis intelijen dan perwira penghubung polisi, percaya 27% dari hampir satu juta pencari suaka yang tiba di Eropa tahun lalu adalah anak di bawah umur.

Menurut harian Inggris, para pejabat di kota Trelleborg selatan Swedia,  mengungkapkan bahwa sekitar 1.000 anak-anak pengungsi tanpa pendamping telah memasuki kota pelabuhan dan telah menghilang.

Sebuah laporan terpisah yang dirilis pada Selasa lalu di Swedia, memperingatkan bahwa banyak pengungsi yang ditemani sudah hilang dan “sangat sedikit informasi tentang apa yang terjadi setelah hilangnya mereka”.(ts/arnews)