Eurasia Research Center Sebut AKP Akan Kehilangan 2% Suaranya Dalam Pemilu Ulang Mendatang

AKPEramuslim – Sebuah hasil jajak pendapat yang baru-baru ini dilakukan oleh Eurasia Research Center menyatakan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan akan kehilangan 2% suaranya jika pemilu ulang digelar pada hari Minggu (30/08) mendatang.

Dalam hasil jajak pendapat yang diterbitkan Eurasia Research Center pada hari Selasa (25/08) kemarin menyatakan bahwa AKP hanya akan memperoleh 39% suara mayoritas rakyat Turki, atau turun 2% dari perolehan pemilu pada 7 Juni lalu yang mencapai 40,87% suara.

Hasil sebaliknya justru didapatkan oleh partai oposisi Partai Rakyat Republikan yang memperoleh 28,5% dibandingkan dengan 24,95% suara pada pemilu bulan Juni.

Tidak dijelaskan apa penyebab turunnya elektabilitas Partai Partai Keadilan dan Pembangunan Turki. Akan tetapi sejumlah pengamat menyebut sejumlah insiden benterokan aparat keamanan dengan para pengunjuk rasa dengan korban tewas di tahun 2013 dan 2014 adalah salah satu penyebab turunnya jumlah suara yang diperoleh AKP dalam pemilu bulan Juni kemarin.

Survey sendiri dilakukan terhadap 3560 warga di 33 kabupaten di seluruh Turki, menyoroti penetapan pemilu ulang pada 1 November mendatang oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, pasca gagalnya PM Ahmet Davutoglu membentuk pemerintahan koalisi pada 23 Agustus 2015. (Dostor/Ram)