Erdogan Tuduh IS Jual Minyak ke Bashar Al -Assad

BERLIN, GERMANY - FEBRUARY 04: Turkish Prime Minister Recep Tayyip Erdogan speaks to supporters at a rally at Tempodrom hall on February 4, 2014 in Berlin, Germany. Turkey will soon face parliamentary elections and Erdogan is vying for the votes of expatriate Turks. Berlin has the highest Turkish population of any city outside of Turkey. (Photo by Adam Berry/Getty Images)

Eramuslim.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam dua pihak sekaligus, yang satu yang memang layak disematkan yaitu  Bashar Assad sebagai pelaku dan pendukung terorisme, dan yang satu lagi ia mengecam IS sebagai organisasi teror.

“Pelaku utama tragedi kemanusiaan di Suriah adalah Bashar Assad,” ujar Erdogan seperti dikutip Anadolu Agency. “Dia membeli minyak dari ISIS, tapi orang seolah menutup mata.”

Berbicara pada Energy Summit di Istanbul, Erdogan menegaskan siapa pun yang berbisnis dengan IS (ISIS) haruslah dianggap bersalah.

Sebelumnya, reporter Turki mempertanyakan mengapa AS dan negara-negara Barat tidak mengebom ladang minyak milik IS di Suriah dan Irak. Padahal ladang minyak itu terbukti sebagai mesin uang IS.

Tapi perlu diketahui, di sisi lainnya  Erdogan dan Turki kini dalam pertempuran Suriah dan Irak berada dalam barisan koalisi AS dan sekutu baratnya.

Konflik yang terjadi di Suriah dan Irak saat ini termasuk yang paling sulit terbaca,  hanya kacamata keimanan yang bisa menguak kebenaran dalam situasi perang disana. (ts)