Waterboarding? Kami Bangga Kok Menyiksa Teroris!

Seorang mantan penasihat senior George W Bush dengan tegas membela pemakaian teknik interogasi Waterboarding alias (kurang lebih) menceburkan kepala yang diinterogasi ke dalam air dan tubuhnya diangkat ke udara. Cara ini dipandang oleh banyak pihak internasional sebagai cara yang kejam.

Dalam wawancara dengan BBC, Karl Rove, yang dikenal sebagai "otak Bush", mengatakan bahwa dia "bangga, kami menggunakan teknik untuk teroris ini".

Dia berkata Waterboarding, yang mensimulasikan tenggelam, tidak boleh dianggap sebagai penyiksaan. Pada tahun 2009, presiden AS Barack Obama melarang Waterboarding sebagai bentuk penyiksaan.

Pada tahun 2008, kepala CIA Michael Hayden mengatakan kepada Kongres bahwa teknik ini hanya digunakan pada tiga profil tinggi tahanan al-Qaeda. Rove mengatakan tentara AS mengalami Waterboarding sebagai bagian rutin latihan mereka.

"Saya bangga bahwa kami menggunakan teknik ini dan memberi kami informasi berharga yang memungkinkan kami untuk menggagalkan plot serangan seperti pesawat terbang ke Heathrow dan ke London, dan plot lainnya," tambah Rove.

Rove baru saja menulis sebuah memoar, Courage and Consequence (Keberanian dan Konsekuensi), di mana ia menyebut pemerintahan Bush sebagai "mengesankan, tahan lama dan signifikan." (sa/bbc)