Walau Bukti Pembantaian Muslim Rohingya Begitu Jelas, Aung San Suu Kyi : Itu Bukan Pembersihan Etnis Muslim

aungTokoh HAM Myanmar dan peraih Nobel Perdamaian , dan Pemimpin oposisi Burma , Aung San Suu Kyi , berkilah bahwa  kekerasan sektarian yang terjadi di negaranya terhadap  komunitas minoritas Muslim bukanlah  pembersihan etnis .

Ia menyatakan  dalam pidato yang disiarkan radio  BBC , bahwa umat Buddha pun pernah  mengalami  kekerasan .

Menurut informasi yang tercatat, kekerasan etnis yang terjadi di Burma , yang juga dikenal sebagai Myanmar , telah menyebabkan perpindahan 140.000 Muslim rohingya .

Kecaman internasional sangat megutuk keras atas  pembersihan etnis Muslim di Myanmar oleh pemerintah , di mana  Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk Arab , Dr Abdullatif bin Rashid Al Zayani , mengutuk tindakan kekerasan terhadap Muslim Myanmar , dan mengatakan bahwa serangan brutal dan tindakan teroris telah dilakukan terhadap minoritas Muslim Rohingya yang bertentangan  dengan hukum internasional dan prinsip moral dan kemanusiaan dan harus dihentikan segera .

Sementara Ekmeleddin Ihsanoglu , Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama negara negara Islam , menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang laporan  kekerasan terhadap minoritas Muslim Rohingya   di provinsi Arakan , dan provinsi lainnya di Myanmar .

Laporan resmi  telah diterima beberapa hari lalu yang membuktikan adanya serangan berulang-ulang pada minoritas Muslim  dan tempat-tempat ibadah , harta benda mereka , serta tempat tinggal .(IoL/KH)