Wakil PM Inggris Sebut Komunitas Muslim Penting Bagi Negara

Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg berjanji untuk mengakhiri kejahatan kebencian agama terhadap umat Islam selama kunjungannya ke komunitas Muslim Manchester, sembari menegaskan bahwa minoritas agama sangat penting bagi negara.

“Komunitas Muslim sangat penting bagi negara,” kata Clegg pada acara Manchester Evening News (MEN) pada hari Kamis, 8 November lalu.

“Ini adalah isu nasional tapi saya sangat tertarik untuk melakukan hal ini di Manchester di mana hal itu sangat relevan.”

Pemimpin Demokrat Liberal tersebut mengunjungi Heritage Centre Muslim Inggris, di Whalley Range, untuk pertemuan puncak balai kota dengan anggota masyarakat lokal serta organisasi Islam nasional.

“Prasangka, kebencian agama, kekerasan bermotif rasial – tidak ada tempat untuk kebencian kejahatan seperti itu di abad 21 di Inggris,” kata Clegg selama acara di Manchester, Inggris utara.

“Saya pertegas bahwa pemerintah akan melakukan segala daya upaya untuk membasmi serangan keji yang termotivasi oleh kebencian murni terhadap satu agama atau yang lainnya.”

Permusuhan terhadap Muslim Inggris, yang populasinya diperkirakan mencapai hampir 2,5 juta, telah meningkat sejak tahun serangan 7/7 2005 lalu.

Sebuah jajak pendapat Financial Times, menunjukkan bahwa Inggris adalah negara yang paling mencurigai Muslim.

Selama kunjungan Clegg untuk komunitas Muslim di Manchester, ia berjanji akan menggelontorkan dana oleh pemerintah Inggris untuk memerangi toleransi anti-Muslim.

“Sama sekali tidak ada tempat untuk kejahatan rasial dalam masyarakat modern,” tegas Clegg.

Clegg juga mengumumkan tambahan pendanaan £ 214.000 untuk inisiatif yang disebut Tell Mama (Mengukur Serangan Anti-Muslim) yang dijalankan oleh Faith Matters kelompok lintas agama.(fq/oi)