Veteran Perang Amerika Di Irak: Perang Belum Berakhir

Ketika Presiden AS, Barack Obama mengatakan kepada rakyatnya bahwa perang di Irak telah berakhir, beberapa orang veteran perang Irak berdiri di Perpustakaan Pusat Wichita. Mereka serempak mengatakan orang-orang bahwa perang itu belum berakhir sama sekali. Para veteran perang ini juga mengisahkan luka-luka tersembunyi yang ada dalam setiap tentara Amerika.

"Mereka mengatakan perang telah berakhir, itu sebabnya hanya 3.000 pasukan tempur dari Fort Hood yang dikerahkan ke Irak," kata Ethan McCord.

McCord adalah veteran Angkatan Darat dari Wichita. Ia adalah salah satu tentara yang mungkin paling dikenal karena ia pernah membopong seorang anak yang sekarat meregang nyawa dalam sebuah video WikiLeaks.org. Video itu sendiri mendokumentasikan pembunuhan warga sipil dan anak-anak di jalan-jalan Baghdad pada tahun 2007.

McCord pulang ke Amerika dan bertekad akan mengatakan dia apa yang sesungguhnya terjadi di Irak. Ia ingin berbicara ke seluruh negeri tentang kepedihan yang dialami para tentara saat mereka kembali dari perang, dan kurangnya bantuan yang mereka terima.

Dengan mengenakan pin, McCord yang mengalami gegar otak karena bom di Irak, mengatakan dia sedikit lega sekarang. Dia juga menderita gangguan stres pasca-trauma.

"Ketika saya masih di Angkatan Darat, mereka memberi saya banyak antipsikotik sejauh yang mereka bisa lakukan," kata McCord.

"Mereka sama sekali tidak membantu sebenarnya. Saya punya masalah. Saya mulai minum pil dengan wiski, karena itu akan menenangkan saya."

Sementara Will Stewart-Starks Lawrence, veteran perang lainnya, sangat ingat bagaimana tentara perempuan mereka diperkosa oleh rekan-rekan mereka sendiri.

"Anda tidak harus mengirim mereka kembali ke zona tempur di negara itu," kata Stewart-Starks. "Itu tidak hanya kasar, itu juga tidak bermoral."

Stewart-Starks mengharapkan agar veteran lainnya juga berbicara bahwa veteran perang Irak menentang perang. Bahkan saat ini ada kelompok yang bernama “Iraq Veteran Agaisnt The War.”

"Mendukung tentara, bagi saya, lebih sekadar meletakkan pita pada kendaraan Anda, dan mengatakan ‘Saya mendukung tentara,’" kata McCord. "Mendukung tentara adalah memastikan kami mendapatkan rumah, dan begitu sudah sampai di rumah, mendapatkan bantuan yang dibutuhkan untuk berintegrasi dengan masyarakat." (sa/kansas)