Untuk Apa Obama Bertemu Dengan Petraeus?


Jenderal David Petraeus, komandan AS dan pasukan internasional di Afghanistan, dilaporkan akan bertemu dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih pada hari Senin ini, demikian pejabat AS mengatakan.

Pertemuan itu dilakukan di Oval Office, yang akan tertutup untuk wartawan, dan dilaksanakan segera setelah presiden AS bertemu dengan Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen, Gedung Putih mengatakan hari Ahad.

Pertemuan Obama-Petraeus muncul setelah Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada Sabtu mengatakan bahwa pasukan internasional untuk "menghentikan operasi di tanah kami."

Hal ini juga terjadi satu minggu setelah Karzai mengecam Petraeus pada pertemuan kabinet, mengatakan bahwa permintaan maaf saja untuk sembilan anak-anak yang tewas dalam serangan udara 1 Maret NATO "tidak cukup."

Baik Petraeus dan Obama meminta maaf atas insiden tersebut. Korban sipil, terutama yang melibatkan anak-anak, menjadi isu sangat sensitif di Afghanistan.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO atau ISAF mengatakan anak-anak itu dinggap keliru sebagai pemberontak.

Para pejabat mengatakan hari Kamis bahwa seorang kerabat Karzai juga tewas dalam serangan ISAF yang terpisah.

Denmark rencananya akan memulai penarikan pada pertengahan tahun. Rasmussen sendiri melakukan perjalanan kejutan ke Afghanistan pada awal Maret ini untuk mengunjungi pasukan Denmark. (sa/yahoonews)