TV Israel: HAMAS Pakai Strategi Misil Hizbullah di Gaza

Salah satu saluran televisi Israel, Israeli Channel 2, melaporkan bahwa para pejuang HAMAS telah melakukan hal yang sama dengan Hizbullah dalam strategi meluncurkan misil. “HAMAS diketahui telah mengadopsi gaya Hizbullah dalam penempatan peluncuran misil-misilnya dari wilayah Gaza, ” ujar reporter Channel 2, Kamis (7/2).

Ronnie Daniel, reporter Channel 2 yang khusus mengulas persoalan militer memperlihatkan bagaimana teknik tersebut dipakai oleh pejuang-pejuang HAMAS untuk meluncurkan misil-misil buatannya sendiri dari berbagai lahan pertanian di Gaza.

Daniel melaporkan bahwa sekarang ini misil-misil yang dibuat HAMAS mengalami kemajuan dalam hal daya jangkau dan daya rusaknya. “Kenyataan ini menimbulkan pemikiran pada kami bahwa antara HAMAS dengan Hizbullah diam-diam telah melakukan kerjasama di bidang strategi militer untuk melawan Israel. Sejumalh misil yang ditembakkan dari Jalur Gaza ternyata juga serupa dengan yang ditembakkan Hizbullah pada tentara-tentara Israel pada perang tahun lalu di Lebanon, ” papar Daniel.

Di Lebanon, kantor perwakilan HAMAS dan rumah pemimpin Hizbullah Syed Hassan Nasrallah memang sangat berdekatan. Sumber eramuslim.com yang melakukan kunjungan ke Lebanon sesaat setelah perang 30 hari berakhir tahun lalu mengatakan bahwa antara HAMAS dengan Hizbullah memang telah melakukan kerjasama dalam berbagai hal melawan Zionis-Israel. Sikap HAMAS ini bertentangan dengan kebanyakan pemerintahan Arab yang tidak mendukung Hizbullah dan malah membuka hubungan dengan Zionis-Israel dengan alasan Hizbullah menganut Syiah, sedangkan mereka Suni.

Sumber eramuslim.com yang telah melanglang buana di berbagai daerah konflik tersebut mengatakan, “Kenyataan ini menimbulkan keprihatinan. Seharusnya, semua kelompok yang berjuang melawan Zionis-Israel harus bersatu-padu, tanpa melihat siapa dia. Kita memiliki musuh bersama yang besar dan kuat. Persatuan inilah yang belum ada.”(rizki)