Turki Sebarkan Tank di Dekat Perbatasan Suriah

Turki Sebarkan Tank di Dekat Perbatasan Suriah

Turki telah mengerahkan sejumlah besar tank dan kendaraan lapis baja lainnya ke perbatasan Suriah di tengah meningkatnya ketegangan dengan Damaskus terkait atas jatuhnya jet tempur Turki yang ditembak oleh tentara Suriah.

Penyebaran Selasa kemarin (26/6) termasuk 15 tank lapis baja selain senjata jarak jauh dan kendaraan militer lainnya, surat kabar Turki Hurriyetdaily melaporkan.

Langkah ini dilakukan beberapa jam setelah Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan bersumpah untuk membalas terhadap Damaskus atas jatuhnya jet tempur Turki.

Erdogan mengatakan bahwa Turki mengubah aturan keterlibatan dengan Suriah dan mantan sekutu mereka itu dan mencapnya sebagai “ancaman yang jelas dan nyata”.

Suriah pada hari Jumat pekan lalu mengatakan bahwa jet tempur Turki, F-4 Phantom, telah jatuh di perairan teritorial Suriah sebelah barat desa dari Om al-Tuyour di Provinsi Lattakia, 10 kilometer dari pantai.

Erdogan mengatakan jet militer Turki melanggar wilayah udara Suriah untuk waktu yang singkat dan sengaja ditembak jatuh oleh Suriah tanpa peringatan terlebih dahulu.(fq/prtv)