Time Masukkan Da'i Amru Khalid Sebagai 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

Majalah Time menetapkan tokoh da’i Islam, Amru Khaled sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Dan untuk pertama kalinya, Time tidak mencantumkan nama Presiden AS George Bush dalam list tersebut.

Ketimbang Bush, rupanya Time lebih cenderung memilih nama Usamah bin Laden dan Presiden Iran Ali Khamenei serta sejumlah tokoh olah raga, seni dan politik di dunia.

Majalah Time terbaru mencantumkan 100 tokoh paling berpengaruh di dunia dalam tajuk “The People Who Shap Our World”. Tajuk seperti ini sudah biasa dilakukan Time setiap tahun pada awal bulan Mei, sejak empat tahun lalu secara berturut-turut. Time tidak mencantumkan nama-nama tokoh itu secara berurutan namun isinya mencantumkan ungkapan siapa saja yang dianggap layak dinyatakan sebagai pria atau wanita yang turut berperan merubah wajah dunia dengan kekuasaan, kemampuan maupun moral mereka.

Ketika menerangkan pilihannya terhadap Amru Khalid dalam list tersebut, Time menyebutkan bahwa Khalid layak mendapat penghargaan itu karena jasanya menggawangi konferensi dialog antar agama di Denmark pada Maret 2006. Konferensi itu sendiri dilakukan setelah terjadinya perdebatan sengit akibat kartun yang menghina Rasulullah saw. Namun demikian, Time juga menyebut, “Ulama Islam banyak pula yang mengkritik Amru Khalid, dan mengutuk keras masyarakat Denmark. Tapi ia tetap bergeming. ”

Menurut Time, Amru Khalid sebenarnya bukanlah tokoh yang akrab di telinga masyarakat Barat. Tapi di dunia Arab, nama Amru Khalid yang berusia 39 tahun itu merupakan bintang bersinar yang terkenal. Time juga menyebutkan antara buku karya Amru Khalid berjudul “Shina’u al-Hayah” atau menciptakan kehidupan, yang laris di pasar kaum Muslimin. Dalam buku itu Amr Khalid memotifasi kaum Muslimin untuk melakukan rencana dan menyusun plan kerja untuk mengubah kehidupan mereka secara individu maupun sosial dari sudut pandang Islam.

Publik Barat sendiri, menurut Time, menggambarkan sosok Khalid sebagai sosok yang mewakili suara moderat dari dunia Islam, karena seruan Khalid agar umat Islam bisa berbaur dengan masyarakat Barat. Ada salah satu potongan kalimat Khalid yang dikutip Time, yang diarahkan kepada pemimpin Al-Qaidah Usamah bin Laden di mana bin Laden mengatakan dirinya mewakili kaum Muslimin. Menurut Khalid, “Siapa yang meminta Bin Laden untuk berbicara mengatasnamakan kita? Tidak ada. ”

Namun list 100 tokoh penting dunia versi Time itu hanya sedikit menyebut tokoh Islam. (na-str/iol)