Tiga Tentara AS Tewas Ditembak Polisi Afghanistan di Provinsi Helmand

Tiga Tentara AS Tewas Ditembak Polisi Afghanistan di Provinsi Helmand

Tiga tentara Amerika tewas Jumat ini (10/8) ketika seorang pria dengan seragam polisi Afghanistan melepaskan tembakan ke arah mereka, militer AS mengatakan, dalam serangan ketiga yang disebut Green-on-blue dalam waktu kurang dari seminggu.

Seorang juru bicara militer AS mengatakan “individu dalam seragam polisi Afghanistan menembaki anggota layanan AS di distrik Sangin provinsi Helmand. Ada tiga Pasukan AS yang menjadi korban jiwa.

“Kami sedang menyelidiki untuk menentukan fakta,” katanya, tanpa memberikan rincian apakah penembak telah tewas, tertangkap atau melarikan diri.

Kepala distrik Sangin di provinsi selatan, Muhammad Sharif, mengatakan kepada AFP bahwa empat pasukan khusus tentara asing telah dibunuh oleh seorang polisi Afghanistan setelah ia mengundang mereka untuk makan malam.

“Tadi malam, seorang komandan polisi pos pemeriksaan mengundang empat tentara pasukan khusus asing ke pesta makan malam di pos pemeriksaan itu. Dia kemudian membunuh mereka dan melarikan diri,” kata Sharif.

Selain Amerika, tentara NATO dari negara lain, termasuk Inggris, bertugas di provinsi bergolak tersebut.(fq/afp)