Thailand Tangkap dan Usir Balik Pengungsi Muslim Uighur yang Meminta Suaka

pengungsiPemerintahan Thailand menghukum puluhan pencari suaka minoritas Muslim Uighur yang sedang teraniaya  , pada hari Sabtu, 15 Maret di tengah seruan dari kelompok hak asasi manusia agar tidak secara paksa memulangkan mereka kembali ke China .

” Pemerintah Thailand harus menyadari bahwa Uighur yang dipaksa kembali ke China akan menghilang ke dalam lubang hitam , ” kata Brad Adams , direktur Asia Human Rights Watch mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situsnya .

Kelompok Uighur , yang mayoritas Muslim , minoritas Turki yang berasal dari Cina barat , ditemukan telah mengungsi pada tanggal 13 Maret 2014 di sebuah  hutan di provinsi Songkhla Thailand .

Kelompok pengungsi ini terdiri dari  78 pria , 60 wanita dan 82 anak-anak.

Para pencari suaka , yang tampaknya bersiap-siap untuk pindah ke tempat lain , menyatakan  diri mereka sebagai orang Turki.

Namun para aktivis yang berbasis di AS telah mengidentifikasi mereka adalah orang-orang Uighur , yang berbicara dalam bahasa Turki , kelompok mayoritas Muslim dari wilayah Xinjiang China barat laut .

Pemerintah Thailand menghukum kelompok pengungsi tersebut dengan  denda 4.000 baht  oleh pengadilan di Thailand selatan .

Para pria akan ditahan oleh imigrasi Tailand dan para wanita dan anak-anak akan dibawa ke tempat penampungan , ujar Polisi Mayor Jenderal Thatchai Pitaneelaboot kepada Agence France Presse ( AFP ) melalui telepon .

Departemen Luar Negeri AS telah mendesak Thailand ” untuk memberikan perlindungan penuh ” untuk para pencari suaka .

” Kami prihatin tentang Muslim Uighur dan orang Uighur tersebut harus  diselamatkan , ” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Marie Harf di Washington , tanpa langsung membahas adanya  kemungkinan pemulangan pengungsi tersebut  ke China .

” Kami mendorong Thailand untuk memastikan kebutuhan secara kemanusiaan  terpenuhi . ”

Uighur American Association , sebuah kelompok advokasi yang berbasis di Washington , juga telah menyuarakan keprihatinan atas kelompok pengungsi tersebut.

Kelompok ini mendesak Thailand untuk bekerja sama dengan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi .

” Kelompok Uighur seharusnya tidak dikaitkan hubungan Thailand dengan China , tetapi seharusnya  Thailand  mengikuti standar pengungsi internasional , ” kata presiden asosiasi Alim Seytoff .

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi beberapa insiden pengungsi Uighur yang secara paksa dikembalikan ke Cina , khususnya dari Asia Tenggara.

Pada bulan Desember 2009 , Kamboja memaksa memulangkan kembali 20 Uighur meskipun fakta bahwa kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi ( UNHCR ) telah membuat surat dan perlindungan untuk  ” orang-orang yang menjadi perhatian ”  kepada semua negara.

Pada tanggal 31 Desember 2012, Malaysia juga pernah mendeportasi enam pria Muslim Uighur untuk kembali ke China . Enam pria tersebut telah ditahan sebelumnya pada tahun 2012 , diduga karena berusaha meninggalkan Malaysia dengan paspor palsu .

Thailand telah lama menjadi negara transit bagi perdagangan manusia  , ribuan Muslim Rohingya yang melarikan diri dari Burma diyakini telah melewati wilayah Thailand  dalam beberapa tahun terakhir .

Pada 2013 , banyak pengungsi Rohingya menuduh petugas keamanan Thailand telah  terlibat perdagangan manusia atas pengungsi Muslim Rohingya .(OI.Net/KH)