Terbunuhnya Tentara Yordan Pertama Yang Bergabung Dengan AS di Afghanistan


Apa yang ada di pikiran Yordania gerangan? Seperti diketahui, Yordania adalah satu-satunya Negara Arab yang secara terang-terangan membantu pasukan asing AS dan Nato di Afghanistan.

Padahal, di Afghanistan, para tentara asing membunuh orang-orang Muslim.

Nah, Rabu (29/12/09) pekan kemarin, dua hari sebelum tahun baru Masehi 2010, militer Yordania mengumumkan bahwa seorang perwira tingginya terlah terbunuh hari itu di Afghanistan. Perwira itu bernama Kapten Ali bin Zeid yang tengah bertugas.

Yang mengenaskan, seperti diberitakan, tidak ada detil tentang kematiannya itu, tapi diindikasikan bahwa ia terbunuh dengan secara tidak hormat. Ali bin Zeid menjadi tentara Yordania pertama yang tewas di Afghanistan.

Yordania tidak pernah mengumumkan berapa banyak pasukannya yang dikirim ke Afghanistan. Namun menurut situs NATO menyebutkan sekitar 90 Yordania mungkin tergabung dengan pasukan internasional itu.

Media-media independen Afghanistan menyebut Yordania sebagai "binatang peliharaan" penjajah, mengacu pada seekor binatang yang sering kali dipelihara di rumah-rumah orang Amerika. (sa/m&c)